GMN Energy

Biomass

Setiap tahunnya manusia mengalami peningkatan kebutuhan energi. Baik untuk kebutuhan transportasi, industri, maupun rumah tangga. Sedangkan selama ini untuk memenuhi kebutuhan energi tersebut, manusia hanya tergantung pada energi yang berasal dari minyak bumi, gas, batubara.

Padahal masih banyak sisa-sisa tumbuhan atau organik yang bisa kita manfaatkan sebagai energi dan merupakan salah satu sumber energi yang ramah lingkungan untuk bumi ini.

Biomassa adalah bahan organik  yang dihasilkan oleh proses fotosintesis baik berupa produk maupun berupa buangan. Contoh penghasil biomassa antara lain tanaman, pepohonan, rumput, ubi, limbah pertanian, limbah hutan, tinja dan kotoran ternak. Sehingga, limbah-limbah ini juga memiliki nilai ekonomis yang dapat digunakan sebagai sumber energi yang dapat diperbarui (renewable).

Sebagai negara agraris, potensi biomassa yang dapat digunakan sebagai sumber energi dapat dikatakan cukup besar. Berdasarkan data dari Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) potensi limbah biomassa sekitar 50 GW, atau kedua terbesar setelah tenaga air yang potensinya sekitar 75 GW.